Senin, 29 Juni 2015

Komponen Laporan Keuangan Basis CTA dan Basis Akrual

Komponen Laporan Keuangan Basis CTA dan Basis Akrual


NO
KOMPONEN LAPORAN
BASIS CTA (2010-2014)
BASIS AKRUAL (MULAI 2015)
MANFAAT
1.
Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
·   Mencatat Transaksi Kas dan Non Kas
·   Mencatat Transaksi Kas saja dengan non kas dicatat pada LO
·   Memberikan informasi realisasi dan anggaran entitas pelaporan
·   Bermanfaat bagi para pengguna laporan dalam mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber-sumber daya ekonomi, akuntabilitas dan ketaatan entitas pelaporan terhadap anggaran
2.
Laporan Operasional (LO)
Tidak ada
·   Melaporkan tentang kegiatan operasional keuangan yang tercerminkan dalam pendapatan-LO, beban, dan surplus/ defisit operasional dari suatu entitas pelaporan
·   Melaporkan transaksi keuangan dari kegiatan non operasional dan pos luar biasa yang merupakan transaksi di luar tugas dan fungsi utama entitas.
·   Menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh Pemerintah Pusat/ Daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.
·   Memberikan informasi mengenai besarnya beban yang harus ditanggung oleh Pemerintah untuk menjalankan pelayanan
·   Menginformasikan mengenai operasi keuangan secara menyeluruh yag berguna dalam mengevaluasi kinerja pemerintah dalam hal efisiensi, efektivitas, dan kehematan perolehan dan penggunaan sumber daya ekonomi
·   Mampu mempredeksikan pendapatan-LO yang akan diterima untuk mendanai kegiatan pemerintah pusat dan daerah dalam periode mendatang dengan cara menyajikan laporan secara komprehensif
·   Menyediakan informasi mengenai penurunan ekuitas (bila deficit operasional), dan peningkatan ekuitas (bila surplus operasional).
3.
Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
Tidak Ada
Menyajikan sekurang-kurangnya :
·   Pos-pos Ekuitas Awal, Surplus/ Defisit-LO pada periode bersangkutan
·   Koreksi-Koreksi yang langsung menambah/ mengurangi ekuitas
·   Ekuitas Akhir
·   Mampu memberikan gambaran senyatanya tentang posisi ekuitas entitas pelaporan
·   Memberikan ruang bagi adanya koreksi atas ekuitas sebagai dampak kumulatif perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan mendasar, seperti :
a.  Koreksi kesalahan mendasar dari persediaan yang terjadi pada periode-periode sebelumnya
b.  Perubahan nilai aset tetap karena revaluasi aset tetap.

4.
Neraca
Pada Pos Ekuitas memuat pos Diinvestasikan dalam Aset Lancar, Diinvestasikan dalam Aset Tetap, Cadangan Piutang, dll
·   Satu Pos Ekuitas (Single Equity)
·   Saldo Ekuitas berasal dari Saldo Akhir Ekuitas pada Laporan Perubahan Ekuitas (LPE)
Memberikan informasi mengenai posisi Asset, Kewajiban dan Ekuitas entitas pelaporan
5.
Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
Menyajikan penjelasan atas LRA dan Neraca
Menyajikan penjelasan atas LRA, LO, LPE dan Neraca
·   Menghindari adanya kesalahpahaman pengguna laporan yang disebabkan adanya perpedaan persepsi atas informasi yang tersaji dalam laporan
·   Meningkatkan transparansi laporan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar